Kritik bisa di samakan dengan saran, yaitu untuk membangun mental,memotivasi,memberi teguran,memberi solusi dan lain-lain.
Ada kriteria/kategori kritikan, yaitu:
1. Kritikan yang bersifat positif,
adalah kritikan dengan
memberi solusi,membantu/menolong
dan memberikan jalan keluar agar menjadi
lebih baik.
2. Kritikan yang bersifat negatif,
adalah memacu seseorang untuk bertindak
yang tidak baik,menjatuhkan,menyinggung
harga dirinya.
Sebagai manusia kita harus menerima kritikan baik wajar atau tidak, orang-orang sukses merasakan banyak kritikan dan itu sangat membantu dan menjadi motivasi mereka.
Satu-satu cara agar anda tidak menerima kritikan adalah tidak melakukan apa-apa, tidak mencapai apapun mungkin bisa dikatakan orang ini ada tidak ada...haaa...aaa...mati tapi hidup.
Kenapa seseorang tidak akan merasa senang jika di kritik?? karena menjatuhkan harga diri mereka, tapi memang kebanyakan orang ketika mereka menerima kritikan maka mereka akan bersifat difensif atau bertahan dengan kata lain mempertahankan dan berusaha menjadi pemenang.
Saran dalam menerima kritikan adalah:
1. Menerima setiap kritikan agar lapang dada
dan ucapkan terima kasih dan bukan
menjadi seseorang pendemdam.
2. Menerima kritikan dengna pikiran terbuka
(Open Mind).
3. Belajarlah dari kritikan dan lakukanlah evalusasi.
4. Berterima kasihlah kepada seseorang
4. Berterima kasihlah kepada seseorang
yang memberikan kritikan membangun
dan bermaksud baik dan membantu agar kita menjadi lebih baik.
5. Setiap seseorang yang mempunyai harga diri yang tinggi akan selalu menerima kritikan positif agar selalu menjadi lebih baik.
Dalam menerima kritikan diatas adakah saran-saran terbaik anda atau cara penyampaian yang tidak menyakiti perasaan seseorang.
Syaring dan terus berikan yang terbaik buat sobat semua, agar kita menjadi yang terbaik...amin.
Salam persahabatan dan suksesok
Salam persahabatan dan suksesok
0 komentar:
Posting Komentar