RSS

OM JAK SAYs:

Keberuntungan
Ia bekerja di siang hari dan berjuang dimalam hari,ia mengurangi kesenangan.
Melahap buku-buku yang ia baca, untuk mempelajari hal baru, ia menempa diri iuntuk maju, keberhasilan yang ia inginkan, ia terus bekerja keras dengan keyakinan dan keberanian dan ketika ia menang orang menyebutkna keberuntungan.."Thinking".

SENI BERBICARA DALAM PERDEBATAN

Seni bisa diartikan dengan "Gaya/Apresiasi", bila ditambahkan imbuhan "ke" dan akhiran "an" maka menjadi kesenian yang merupakan "Bentuk/Kebudayaan" yang lebih luas.Perbedaan "Seni" tak ada batasannya dalam kita berekspresi dan bisa di kembangkan, "Kesenian" bentuk yang sudah menjadi adat dan kebudayaan. 
Dalam kita berbicara mengatakan hal yang besar pada saat yang tepat, tetapi juga tidak mengatakan apa yang perlu di ungkapkan. Penerapan "Seni Berbicara" dengan menggunakan nada dan intonasi tanpa harus menyakiti. KARAKTER DAN PERSONALITY merupakan image dimana seni yang berperan besar dalam pembentukkannya, salah satu sifat manusia adalah "Suka Berdebat" dalam prilaku dan hubungan dengan orang lain. 
Perdebatan adalah suatu hal yang tak ada akhirnya, hanya unsur-unsur emosi dan egoisme yang dikedepankan, hal terbaik hanya menghindarinya...harus sobat ya !! 
Bila suatu saat kita bisa memenangkan suatu perdebatan maka yang terjadi adalah sobat akan kehilangan pekerjaan, pelanggan/konsumen, teman, ataupun perkawinan. 
Sebenarnya apa sih yang kita perjuangkan?? sebuah kesemuan dan omong kosong kalau kata "Slank" tong kosong nyaring bunyinya...semakin banyak kita berdebat maka akan sering terdegar teriakan-teriakan dan mungkin kata-kata kasar.

Apakah ada mamfaat dan faidahnya?? Tentu tidak , tapi..Apakah memang kita tidak bisa mengungkapkan suatu pendapat?? Tentu saja bisa dengan cara “Seni Berbicara” yang mengedepankan kelembutan dan kesopanan ataupun dengan bukti ontentik dari media cetak atau sumber lain. Jika kita menginginkan suatu solusi yang tepat, maka perlihatlah kematangan anda tanpa melibatkan personality diri, saya yakin anda akan mencapai sesuatu kesuksesan dalam kesepakatan. 

Ada suatu pertanyaan apakah perbedaan antara perdebatan dan diskusi? 
  1. Perbedaan adalah ekspresi kemarahan sedangkan diskusi adalah ekspresi yang logis dan wajar. 
  2. Perdebatan bersumber pada ego dan pikiran tertutup, sedangkan diskusi bersumber pikiran yang terbuka. 
  3. Perdebatan berusaha membuktikan siapa yang benar, sedangkan diskusi berusaha membuktikan apa yang benar. 
Kedewasaan dalam berfikir menjadi landasan, tak ada gunanya diskusi dengan pikiran yang dipenuhi prasangka tidak akan memecahkan masalah. Pikiran-pikiran yang sempit dan mulut besar hanya akan menimbulkan perdebatan…Piss Man. 
Dalam kita berdiskusi orang lain akan mengungkapkan pendapat-pendapatnya, maka kita patut untuk mendengarkan tanpa ada potongan atau “interupsi ketua”...kayak DPR aja, makanya kasus-kasus tidak pernah selesai interupsi terus…haa..haa..moga-moga tetap menjadi bijak untuk memandangnya..kembali lagi, biarkan ia menyelesaikannya lalu berikan solusi-solusi yang tepat dengan etika dan norma-norma yang baik.  

Cara yang tepat didalam forum diskusi yaitu: 
  1. Mendengarkan dengan sabar. 
  2. Tidak membalas atau menyerang balik karena akan menimbulkan pertengkaran. 
  3. Tidak membesarkan hal kecil. Pernyataan yang tepat adalah “Seni Berbicara” dengan menggunakan kata-kata yang lembut tetapi dengan alasan-alasan yang kuat. 
 Step by step untuk membuka forum diskusi: 
  1. Keterbukaan dalam berfikir (Opened Thinking/ Opening Management) 
  2. Jangan memotong atau Interupsi. 
  3. Jangan ada perdebatan 
  4. Mendengarkan sudut pandang sebelum mengungkapkan pendapat. 
  5. Ajukan pernyataan penjelasan 
  6. Jangan terlalu berlebihan 
  7. Bersikaplah meyakinkan dan bukan memaksa 
  8. Menambah ilmu pengetahuan atau mengambil mamfaat/faidahnya. 
  9. Gunakan kata-kata lembut Ada cara pengungkapan yang tepat dengan mengungkapkan gagasan atau mengajukan pertanyaan-pertanyaan misalkan: Menurut saya..Harapan terbaik..Mungkin bisa..Mengapa ada berfikir seperti itu..Dapatkah menjelaskan sedikit.. 
Demikian ungkapan yang menurut saya bisa menghindari dari perdebatan dan sedikit besarnya bisa menjadi pegangan dalam kita berekpresi berbicara dan mengungkapkan pendapat-pendapat yang bisa di terima oleh orang lain. 
Jika sobat semua ada cara pengungkapan yang lebih tepat bisa syaring disini agar bisa patokan sobat semua!! 
Thanks 
Salam suksesok

5 komentar:

huda2k9 mengatakan...

di dalam suatu forum ataupun rapat memang sangat diperlukan etika forum yang harus dipatuhi oleh semua peserta......
nice info...

mastokkenari mengatakan...

artikel buaguss,..n sy setuju buangett, Oom!! .... da usul nih,...gimana kalau Oom buka kursus yg khusus wat anggt dewan nyang trhormat, biar negeri ini + bagus gitu looohh...hehehe...huahuahua....hihihi ...oh dewan..dewan...

Rachman Abdillah mengatakan...

@mastokkenari: makasih comment membuat saya tambah semangat terus,yang harus di utamakan adalah sebuah figur yang tegas dan berwibawa,kejujuran dan memahami hati nurani rakyatnya..kalau dilihat mereka hanya mementingkan kepentingan partai,ego masing-masing dan yang lebih parah lagi berlomba-lomba mendapat income dari sana..ya kalau dibilang korupsi..tapi tidak semua,yang saya tahu untuk sekali berkunjung dalam menyetujui ivestor asing dengan didampingi badan bajak urusan keuangan sudah setumpuk money yang didapatkan tanpa ada perbincangan tanda tangan selesai dan pergi.
Coba bayangkan kemana duitnya yang didapatkan???

Cerita dan Ilmu mengatakan...

Yang penting itu berdepat untuk suatu kebenaran, dan harus saling menerima jika pendapatya kurang tepat ato salah. Jangan ngotot aja isi nya dan hanya mempertahankan gengsi dan ego…. Ya ga beres-beres debatnya meskipun selama 3 hari 3 malam..

Rachman Abdillah mengatakan...

@cerita dan ilmu:Tepat sekali yaitu saling menerima,kalau bisa saya simpulkan adalah saling mengerti atau pengertian yang akan saya bahas lain waktu.
Semua yang ditimbulkan dari sikap negatif maka hasilnya akan negatif..KARAKTER DAN PERSONALITYyang harus kit a bangun agar kita selalu mau belajar dalam menghadapi suatu masalah.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© 2009 - SUKSES KREATIF DAN INOVATIF | Design: Choen | Pagenav: Abu Farhan Top